• SMAN 3 RANGKASBITUNG
  • Maju Bersama Hebat Semua
  • admin@sman3rks.sch.id
  • 0852-1108-2144
  • RSS
  • Pencarian

Bagaimana Cara Belajar supaya Pelajaran Cepat Masuk ke Otak?

Bagaimana Cara Belajar supaya Pelajaran Cepat Masuk ke Otak?_Belajar merupakan suatu rutinitas yang harus di lakukan oleh para pelajar. Ada banyak ilmu yang kita pelajari dari ilmu eksak ataupun non eksak. Sebagian pelajar cenderung tidak suka ilmu eksak dan malahan ada yang mengatakan anti belajar eksak terutama mata pelajaran matematika. Karena terlalu membuat otak berpikir keras dengan rumus yang begitu banyak yang sering lupa atau bahkan tidak bisa masuk ke otak sama sekali. Sebenarnya,  semua ilmu itu bisa dipelajari dengan mudah agar bisa masuk ke otak. Intinya rajin mencatat dan sering diulang setelah kita belajar. Untuk lebih jelasnya mari kita simak beberapa cara agar belajar bisa mudah masuk ke otak :

  1. Pilihlah waktu yang tepat

Sebelum belajar pastikan Anda bisa memilih waktu yang tepat. Bisa belajar di pagi hari,  siang hari, sore hari,  atau pun malam hari. Setiap orang memiliki waktu yang ternyaman untuk belajar. Tapi itu semua juga tergantung pada kondisi pada waktu belajarnya tersebut.  Kalau kondisi pada waktu belajar tidak memungkinkan maka gantilah waktu belajar yang lain. Baca Juga Cara Menjadi Anak yang Baik, Benar, dan Pintar 10 Tips Agar Tidak Bosan Saat Belajar Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak Misal Anda pilih waktu belajar sore hari,  tapi di sore hari itu hujan. Hal ini akan membuat kita mengantuk dan apa yang akan kita pelajari tidak akan bisa masuk ke otak.  Maka,  gantilah waktu belajar di malam hari,  atau di pagi harinya. Pada umumnya memang waktu belajar yang cocok dan tepat adalah di malam hari atau di pagi hari selain waktu belajar di sekolah pada pagi sampai siang hari. Karena,  ketika belajar dimalam hari itu berarti suasana sunyi. Suasana ini cocok sekali untuk belajar dan akan membuat apa yang kita pelajari masuk ke otak.  Sedangkan,  saat kita belajar di pagi hari maka otak kita masih fresh dan semangatpun baru sehingga akan membuat pelajaran masuk ke otak.

  1. Ciptakan kondisi tempat belajar yang nyaman

Ketika Anda belajar pastikan tempat untuk belajar nyaman. Ciri ciri tempat yang masuk kategori nyaman adalah kondisinya bersih dan enak dipandang. Kenapa harus tempat nyaman belajar? jika kondisi tempat belajar Anda masih belum nyaman maka akan mengganggu proses belajar Anda dan pelajaran pun akan sulit masuk ke otak. Bayangkan saja misalkan tempat belajar Anda kotor dan banyak nyamuk, pasti Anda tidak akan fokus belajar karena digigit nyamuk terus. Maka dari itu,  sebelum Anda memulai belajar terlebih dahulu ciptakan kondisi tempat yang nyaman untuk belajar.

  1. Pilih posisi dan gaya belajar yang tepat dan nyaman

Terdapat beberapa posisi belajar antara lain posisi duduk,  berdiri,  dan tiduran. Setiap orang mempunyai gaya belajarnya sendiri. Dari mulai nyaman belajar dengan posisi duduk sampai tiduran. Tapi dari beberapa posisi belajar yang ada, saya sarankan belajarlah dengan posisi duduk yang baik. Dengam posisi duduk ini aliran darah ke otak akan lebih lancar dan akan mempermudah proses belajar. Namun bagaimana pun,  itu terserah kembali ke diri Anda masing masing,  Anda pasti punya posisi dan gaya belajar yang tepat dan nyaman bagi Anda.

  1. Buatlah rangkuman catatan penting

Dari sekian banyak materi yang Anda pelajari,  untuk mempermudah mengingat dan agar masuk ke otak maka Anda perlu membuat rangkuman atau catatan penting tentang apa yang Anda pelajari tersebut. Jadi, baiasakan belajar sambil menulis ringkasan. Buatlah rangkuman atau catatan penting se-sedikit mungkin jangan terlalu banyak dan yang penting mudah dibawa kemana-mana. Jika perlu, buatlah rangkuman dengan metode jembatan keledai, sehingga lebih mudah untuk dipahami. Jadi ketika Anda pergi jalan jalan kemana saja,  catatan tersebut bisa dibawa dan dibaca dimana saja. Hal ini akan membuat apa yang Anda baca dan pelajari akan mudah masuk ke otak.

  1. Pahamilah apa yang Anda pelajari

Hal terpenting ketika belajar adalah memahami apa yang kita pelajari.  Ingat pahami bukan dihafal.  Karena apabila kita menghafal maka ketika lupa akan tamatlah riwayat kita sehingga tidak bisa pelajaran tersebut. Tetapi apabila kita paham maka walaupun tidak hafal maka kita akan bisa terus pelajaran itu karena kita paham konsep pelajarannya dan melekat terus di otak.

  1. Belajar dengan membayangkan

Pada saat belajar maka usahakan Anda bisa menggambarkan atau membayangkan apa yang Anda pelajari.  Dengan begitu,  maka pelajaran akan mudah masuk ke otak dan teringat terus di ingatan kita. Misal kita belajar tentang sejarah maka kita harus bisa membayangkan peristiwa sejarah yang kita pelajari. Dengan membayangkan apa yang kita pelajari,  juga akan membantu kita memahami konsep pelajaran tersebut.

  1. Belajar sambil mendengarkan musik

Bagi sebagian orang,  mendengarkan musik adalah sesuatu yang menyenangkan. Karena mendengarkan musik akan membuat otak kita sedikit lebih relax dan hal ini akan sangat membuat pelajaran yang kita pelajari lebih cepat masuk ke otak. Tapi usahakan, mendengarkan lagu yang Anda tidak hapal lyrik nya. Karena jika Anda hapal lyriknya , bukannya belajar malah Anda akan ikut bernyanyi dan berkaraoke ria.

  1. Cukupi asupan makanan dan istirahat yang cukup

Asupan makanan memiliki peran cukup penting terhadap kerja otak loh. Dengan asupan makanan yang cukup maka otak kita akan berkerja secara maksimal. Hal ini akan membuat Anda mudah belajar dan pelajaran mudah masuk ke otak. Dalam asupan makanan ini perbanyaklah makanan mengandung protein.